Skip to main content

Motivation Letter

My Motivation Letter

Nama saya Muhammad Alfarisi, saat ini saya adalah adalah mahasiswa semester satu program studi Penerbitan di Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta. Dalam tulisan saya kali ini saya ingin menyampaikan bahwa cita-cita saya untuk menjadi sebuah Game Developer belum berubah, meskipun saat ini saya berada di prodi Penerbitan. Banyak orang yang mengatakan bahwa saya telah salah memilih prodi ini, karena pada dasarnya prodi ini tidak ada hubungannya sama sekali dengan cita-cita saya. Tetapi, saya yakin bisa mengambil sebuah ilmu dari prodi ini untuk cita-cita saya tersebut, seperti saya bisa belajar bagaimana caranya menulis alur cerita untuk game saya nantinya.

Cita-cita saya itu bermula dari saat saya masih kelas 5 SD. Saat itu saya mulai memiliki hobi bermain game online, karena pada masa itu memang warnet game online memang sedang naik daun dan banyak sekali warnet di dekat rumah saya. Pada saat itu saya yang masih sering bermain game online mulai terpikirkan untuk bisa membuat game saya sendiri suatu saat nanti di masa depan. Tapi sayangnya pada saat itu saya belum memikirkan untuk belajar secara otodidak dan hanya terpaku belajar cara membuat game itu di pendidikan formal saja seperti di SMK nantinya.

Setelah menyelesaikan pendidikan Sekolah Dasar dan memasuki Sekolah Menengah Pertama. meskipun disini saya gagal memasuki SMP yang memiliki pendidikan TIK yang bagus, tetapi saya tidak menyerah dan berupaya untuk bisa memasuki SMK yang mempunyai jurusan di bidang ilmu komputer, yakni Teknik Komputer Jaringan (TKJ) atau Multimedia (MM) di SMK terdekat dengan rumah saya. Namun saya kembali mengalami kegagalan untuk dapat masuk ke jurusan SMK yang saya inginkan itu, dan malah masuk ke SMK jurusan Persiapan Grafika/Desain Grafis, karena saya tidak memiliki nilai yang memumpuni untuk dapat masuk ke jurusan yang saya inginkan itu.

Saat berada di SMK saya berusaha untuk dapat mengambil seluruh ilmu yang dapat saya gunakan untuk mencapai cita-cita saya. Untungnya di jurusan ini memiliki sebuah pelajaran yang bernama Simulasi Digital, dimana dalam pelajaran ini saya diajarkan untuk dapat menggunakan sebuah software 3D, yakni Blender. Dalam pelajaran ini ada sebuah tugas untuk membuat benda-benda di dunia nyata  yang di aplikasikan ke bentuk 3D dalam software tersebut. Dan pada tugas inilah saya berhasil mengembangkannya dengan membuat sebuah karakter manusia yang saya harapkan bisa saya kembangkan lagi suatu saat nanti untuk game saya, meskipun karakter ini masih belum sepenuhnya jadi karena saya masih kebingungan untuk dapat membuat wajahnya. Selain itu, saya juga banyak belajar tentang software-software desain 2D untuk dapat lebih mengembangkan pembuatan game saya nantinya. Dan disinilah saya mulai berpikir untuk mulai belajar sendiri tentang cara pembuatan game dan codding dari Youtube dan Google, karena saya tidak mau menyerah akan keadaan ini.

Desain karakter di Blender

Begitu banyak hal yang dapat saya pelajari selama hampir 3 tahun berada di SMK. Sampai tiba waktunya ujian praktik, dalam ujian ini ada pelajaran yang bernama Kewiraushaan mengharuskan setiap siswa untuk membuat sebuah karya yang dapat dijual atau menghasilkan uang, karya itu tidaklah harus sesuai dengan jurusan di SMK. Karena ujian inilah saya berusaha untuk dapat membuat sebuah game yang dapat saya presentasikan pada ujian tersebut, saya berusaha menonton tutorial di Youtube, membeli buku, mencari cara belajar juga dari website. Sampai pada akhirnya saya berhasil membuat sebuah game yang berhasil saya presentasikan di depan guru dan teman-teman saya di kelas, meskipun game tersebut belum sepenuhnya jadi karena terkendala waktu, dan saya masih sulit untuk dapat menulis alur cerita untuk game tersebut. Setelah ujian praktik, game tersebut terus saya kembangkan, meskipun pada akhirnya harus saya hentikan, karena terkendala dengan laptop yang saya gunakan spesifikasinya belum memumpuni untuk menggunakan software pembuatan game terlalu dalam, dan juga kondisi perekonomian keluarga saya yang tidak bisa membelikan laptop baru ataupun untuk membiayai saya ke warnet untuk waktu yang lama.


saat berada didalam game

Proses pembuatan game

Setelah lulus SMK tahun 2018, saya berniat melanjutkan mimpi saya untuk mempelajari ilmu komputer di pendidikan formal yang berarti saya ingin masuk ke Universitas dengan prodi Teknik Informatika. Namun, lagi-lagi saya gagal mewujudkan mimpi saya itu, sehingga membuat saya harus putus sekolah selama satu tahun, karena saya gagal di ujian masuk Universitas yang saya inginkan, meskipun ada Universitas swasta tapi saya tidak yakin orang tua saya dapat membayar biaya masuk pertamanya. Tetapi satu tahun saya lalui tidak hanya berdiam diri saja, saya bekerja sebagai pegawai tetap di dua perusahaan berbeda jenis selama satu tahun itu, dan berharap dapat membeli laptop dari gaji saya untuk melanjutkan proyek game saya yang sedang terhenti pengerjaannya. Namun, lagi dan lagi saya terpaksa mengurungkan niat saya itu, karena keluarga saya mengalami berbagai macam masalah sehingga uang yang saya kumpulkan harus di pakai.

Setelah bekerja selama satu tahun, saya kembali berusaha untuk dapat masuk PTN. Berbagai macam ujian saya lewati untuk dapat masuk PTN yang saya inginkan, tetapi saya tetap saja gagal. Sampai pada akhirnya salah satu teman saya yang berkuliah di Polimedia memberi saran untuk masuk ke Polimedia di prodi Game Tech, sebuah prodi yang sesuai dengan apa yang saya cita-citakan selama ini. Namun sayang, pada akhirnya saya menemui kegagalan untuk dapat memasuki prodi tersebut, yang pada akhrinya membuat saya memasuki prodi Penerbitan. Saya tidak pernah sekalipun menyesal memasuki prodi ini, meskipun yang saya inginkan adalah prodi Game Tech, tetapi saya yakin dapat mengambil seluruh ilmu di prodi Penerbitan dengan baik dan dapat saya aplikasikan ke cita-cita saya nantinya, meskipun banyak orang yang mengatakan saya salah masuk prodi, tapi saya yakin saya masih dapat menggapai cita-cita saya di masa depan nanti. Dan saya yakin bahwa apa yang saya jalani di kehidupan ini memiliki sebuah arti tersendiri untuk saya agar saya dapat lebih kuat lagi untuk menerima setiap kegagalan yang saya terima, dan berjuang memperbaiki diri dengan belajar dari setiap kegagalan yang datang menghampiri saya, saya akan terus berusaha untuk survive dalam kehidupan ini dan tidak menyerah kepada takdir yang tidak sesusai dengan keinginan saya. Begitulah Motivation Letter yang saya buat ini, meskipun di dalam teks ini saya banyak menceritakan tentang kegagalan saya, tapi justru karena itulah yang membuat saya terus termtotivasi dan tidak akan menyerah sampai cita-cita saya itu terwujud, dengan belajar dari kegagalan dan kesalahan lah setiap orang dapat menjadi lebih baik lagi kedepannya.

Comments

Popular posts from this blog

Gelandangan Sudah Miskin Makin Miskin

Gelandangan Sudah Miskin Makin Miskin RKUHP Muhammad Alfarisi (19030082) Penerbitan 1B             Sebuah peristiwa menghebohkan masyarakat akhir-akhir ini, dimana DPR-RI periode tahun 2014-2019 akan segera berakhir malah membuat manuver politik yang dinilai oleh sebagian besar masyarakat Indonesia terburu-buru dan tidak melakukan kajian secara mendalam dan menyeluruh. DPR-RI periode tersebut membuat sebuah revisi undang-undang dan undang-undang yang sudah disahkan beberapa minggu yang lalu, revisi undang-undang tersebut adalah RKUHP, RUU Pertanahan, RUU Pemasyarakatan, RUU Ketenagakerjaan, RUU Minerba (mineral dan batu bara), dan RUU PKS, dan   undang-undang yang sudah disahkan tersebut adalah UU KPK. Ke 6 RUU dan 1 UU tersebut membuat masyarakat Indonesia marah dan kesal yang akhirnya membuat berbagai elemen masyarakat yang salah satunya adalah mahasiswa menggelar aksi dan menyuarakan penolakan keras terhadap apa yang DPR-RI lakukan tersebut.             Salah sa

TIGA TOKOH PENTING DALAM PERKEMBANGAN MUSEUM ZOOLOGI BOGOR

  TIGA TOKOH PENTING DALAM PERKEMBANGAN MUSEUM ZOOLOGI BOGOR Museum Zoologi Bogor didirikan pada masa pemerintahan Hindia Belanda. Museum ini diresmikan pada Agustus 1894 oleh J.C. Koningsberger dengan nama Landbouw Zoologisch Laboraturium. J.C. Koningsberger merupakan tokoh yang berperan penting dalam pembangunan museum ini meskipun pada awalnya tempat ini bukanlah sebuah musem melainkan laboratorium. Landbouw Zoologisch Laboraturium berfungsi sebagai laboratorium agrikultur dan zoologi yang berfokus dalam mempelajari hama pada tumbuhan. J.C. Koningsberger merubah laboratorium ini menjadi sebuah museum karena terinspirasi saat kunjungannya ke Sri Lanka pada 1898. Saat kunjungannya tersebut dia didampingi oleh asistennya bernama Dr. Melchior Treub, seorang ahli botani asal Belanda. Mereka ke Sri Lanka untuk mengumpulkan specimen binatang disana. Dr. Melchior Treub merupakan orang kedua yang berperan penting dalam perkembangan museum ini. Dia adalah seorang ahli botani yang su

BOGOR DISEBUT SEBAGAI KOTA HUJAN, APA ALASANNYA?

  BOGOR DISEBUT SEBAGAI KOTA HUJAN, APA ALASANNYA?   Bogor sering disebut Kota Hujan, sebutan tersebut sudah sangat melekat dengan kota tersebut sejak dahulu kala. Sudah tidak dapat dipungkiri memang Bogor sering sekali dilanda hujan, namun apakah ada penjelasan yang lebih spesifik kenapa sebutan tersebut melekat di Kota Bogor? Keunikan cuaca di wilayah Bogor yang membuatnya disebut sebagai Kota Hujan. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menjelaskan bagaimana cuaca di Bogor bisa disebut unik. Menurut Budi Suhardi, Kepala Stasiun Klimatologi BMKG Dramaga Bogor, mengungkapkan bahwa meskipun Indonesia sedang dilanda musim kemarau, Bogor masih cukup sering diguyur hujan. “Statement tentang di Bogor sering turun hujan itu kami keluarkan tidak begitu saja. Kami sudah membuat data statistiknya secara otentik,” Ungkap Budi Suhardi. Ungkapan Kepala Stasiun Klimatologi BMKG Dramaga Bogor tersebut sudah dapat dibuktikan secara otentik. Dari data-data yang telah dikump